Internet secara Anonim menggunakan VIDALIA / TOR

The Onion Router atau TOR adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim dalam internet.Pertama kali rilis pada 20 September 2002 oleh pengembang
Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang Internet secara Anonim menggunakan VIDALIA / TOR. Oke langsung aja kita mulai. Diasumsikan bahwa kalian adalah seorang hacker lintas negara, sobat dituntut oleh diri sobat sendiri untuk dapat mengamankan aktivitas online dari campur tangan pihak lain, utamanya yaitu pemerintah yang berwenang yang dimana sewaktu-waktu dapat mengetahui keberadaan sobat dan menjebloskan sobat ke dalam penjara. Atau juga, biasa digunakan oleh orang-orang untuk dapat berseluncur di internet secara anonim dan aman.
logo tor
Logo Tor

    Pengertian dan Sejarah TOR

    The Onion Router atau TOR adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim dalam internet. Pertama kali rilis pada 20 September 2002 oleh pengembang The Tor Project, TOR berfungsi menyembunyikan pengguna di internet. Orang yang menggunakan jaringan Tor menggunakan jaringan onion routers. Hal ini membuat lokasi pengguna tetap rahasia. (Wikipedia).

    Cara Kerja TOR

    Cara kerja dari Vidalia / TOR sendiri terbilang cukup unik, yaitu dengan menggunakan sesama client Vidalia / TOR sebagai batu loncatan. Minimal kalian akan “diloncatkan” sebanyak 3 kali, sehingga jika saat request web keluar dari node (titik) ketiga, maka IP Address kalian sudah tidak terdeteksi. Vidalia / TOR sendiri seperti pisau bermata dua, disatu sisi akan sangat membantu bagi pejuang-pejuang hak asasi seperti hacker, tetapi disatu sisi akan sangat berbahaya bagi penjahat seperti cracker atau bahkan teroris untuk melakukan koneksi yang tidak terlacak.

    tahapan ketika tor diblokir
    Tahapan ketika tor diblokir


    Untuk dapat mengamankan aktivitas online kalian, paling tidak kalian harus melakukan chain atau melompat dari satu IP publik ke IP publik lainnya agar tidak terendus, semakin banyak IP yang kalian lompati maka semakin sulit pula untuk kalian terendus oleh pemerintah. 

    Node pada Tor
    Node pada Tor


    Yang harus kalian ingat, menggunakan Vidalia / TOR akan menghabiskan quota bandwidth lebih besar daripada koneksi normal dikarenakan paket data yang berjalan tidak langsung diarahkan ke server web, tapi ke node (titik) pada Vidalia / TOR (kalian tidak akan dapat mengakses alamat web secara langsung, jadi lebih aman). Tetapi, bisa juga Vidalia / TOR ini malah akan menjadi senjata makan tuan dikarenakan IP Address kalian juga akan digunakan sebagai batu loncatan oleh orang lain. Menurut kabar terakhir, pemerintah di luar negeri juga telah mencari cara untuk mengatasi penggunaan Vidalia / TOR sebagai media hacking.
    Status Koneksi Tor jika terhubung
    Status Koneksi Tor jika terhubung

    Kompatibilitas dan Download TOR

    Ada banyak cara untuk menyamarkan IP kalian, salah satunya dengan proxy server eksternal atau VPN yang kalian percayai. Tentunya hal seperti ini tidak akan kalian lakukan dengan menggunakan banyak proxy secara manual, melompat dari satu software proxy ke software proxy lain karena terlalu membuang waktu. Penulis akan memberikan sebuah contoh software proxy yang praktis dan bisa kalian manfaatkan, namanya adalah Vidalia atau yang biasa disebut TOR. Aplikasi yang bisa berjalan di berbagai sistem operasi, termasuk sistem operasi mobile (Android / Apple). Jika kalian berminat untuk mencobanya, silahkan download pada link ini.

    Sekian untuk pembahasan kali ini, Semoga hal tersebut bisa bermanfaat bagi kalian semua. Silahkan share jika pembahasan ini menurut kalian semua bermanfaat. Jangan lupa untuk follow dan comment juga ya. Terima Kasih. 😁