Kumpulan Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer

Jaringan komputer bisa di artikan suatu kumpulan yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan mencakup komputer dan perangkat keras
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Kumpulan Istilah - Istilah Dalam Jaringan Komputer. Jaringan komputer bisa di artikan suatu kumpulan yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan mencakup komputer dan perangkat keras lain nya seperti printer, scanner dan lain sebagainya. Jaringan dihubungkan melalui kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel misalnya gelombang radio. Berikut untuk istila yang ada dalam jaringan:

Server



Server merupakan sebuah komputer yang khusus menyimpan dan menyediakan data, biasanya computer server memiliki spesifikasi perangkat keras khusus yang lebih tinggi dibanding komputer lainnya.


Client



Client adalah komputer yang digunakan User untuk meminta atau mengakses file atau data yang terdapat/disediakan dari komputer server.

Nude

Nude mencakup semua Perangkat keras yang terhubung ke jaringan contohnya server, komputer client, printer, scanner dan lain sebagainya.

Peer To Peer



Peer to per sering disebut juga Workgrup yaitu digunakan untuk berbagai keperluan sharing data atau printer antara komputer yang ada dalam sebuah jaringan.

Local and Remote

Istilah local merupakan sumberdaya dalam sebuah komputer baik Hardware atau Software.bila kita ingin mengakses sumber daya pada komputer tersebut tanpa jaringan maka hal tersebut disebut local dan sebaliknya bila memakai jaringan maka istilah tersebut disebut Remote.

Protocol

Protocol bisa juga disebut bahasa yang digunakan dalam sebuah jaringan misalnya kita umpamakan sebuah jaringan merupakan sekumpulan orang yang saling berkomunikasi maka mereka menggunakan bahasa yang sama agar lancer dalam berkomunikasi,nah bahasa tersebut bisa dikatakan sebagai protocol. TCP/IP (transmission control protocol/internet protocol) merupakan salah satu protocol yang paling umum yang sering digunakan sehingga dikenal di berbagi macam jaringan, contoh lain adalah interpacket exchange IPX yang digunakan oleh system operasi Novell Netware.

Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan ke segmen jaringan lainnya, repeater bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan panjang kabel karena sinyal yang melemah setelah menempuh jarak tertentu dapat diperkuat kembali.

Kartu Jaringan

Salah satu hardware yang berfungsi untuk menterjemahkan sinyal jaringan ke bentuk paket-paket data yang di mengerti computer.

Router

Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang berbeda, untuk membedakan router dengan bridge, dapat di umpamakan bus antar kota. Bridge dapat diibaratkan AKDP(Antar Kota Dalam Propinsi), sedangkan Router Diibaratkan AKAP (Antar Kota Antar Propinsi).

Sekian untuk pembahasan kali ini, Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Jika artikel ini menurut sobat bermanfaat, silahkan sobat share. Jangan lupa untuk follow dan comment ya. Terima Kasih